Rabu, 11 Agustus 2010

Penyakit Meningitis

Rasanya belum lama tersiar polemik mengenai vaksin meningitis yang mengandung unsur babi. Berbagai argumen bermunculan, namun sampai saat ini belum ada kepastian yang dapat dipakai acuan. Imunisasi meningitis sangat diperlukan oleh calon jemaah haji untuk memenuhi yang dipersyaratkan oleh pemerintah Saudi Arabia. Lalu apakah sudah ditemukan solusi yang dianggap baik bagi semua pihak ?.
Penyakit Meningitis adalah penyakit peradangan selaput otak, jadi penyakit ini khusus  menyerang selaput otak Anak anak umur dibawah lima tahun banyak yang menjadi sasaran penyakit meningitis, pada umumnya gejala yang timbul mirip dengan influenza, sehingga sering dianggap remeh oleh orang tua.
Yang menjadi penyebab penyakit Meningitis  bisa saja oleh virus, bakteri, kuman TBC Paru paru ( Tuberkulosa).  Meningitis biasanya merupakan komplikasi dari penyakit Radang paru paru berat, campak, gondongeun, influenza, infeksi pada tenggorokan, infeksi pada hidung, infeksi pada telinga dll.
Meningitis yang menimbulkan kematian adalah jenis pneumokokal, meskipun jarang terjadi.
Meningitis yang disebabkan bakteri gejalanya  timbul demam mendadak, anak rewel, nafsu makan berkurang, lesu, muntah muntah dan sakit kepala. Pada anak yang lebih besar biasanya timbul kejang kejang yang kadang disertai  kesadaran menurun. Meningitis ini bisa mengakibatkan anak menjadi tuli, lumpuh atau kerusakan otak yang parah.
Sedangkan meningitis tuberkulosa gejalanya muncul perlahan lahan, demam tidak begitu tinggi, malas bermain, murung dan tidak suka makan. Pada anak yang lebih besar timbul sakit kepala, muntah muntah, kesadaran menurun bahkan bisa hilang, terganggunya pernapasan dan kemudian terjadi kelumpuhan syaraf dan anggota gerak.  Dalam waktu tiga minggu setelah terkena serangan, jika terlambat ditangani bisa menimbulkan kematian.
Meningitis ditularkan melalui batuk, bersin, peralatan makan minum bekas penderita dan kebersihan diri dan lingkungan yang tidak memadai.
Untuk mencegah meningitis dianjurkan makan makanan bergizi, menjaga lingkungan yang sehat, kebersihan diri (personal hygiene) atau  melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) dalam kehidupan  sehari hari, dan  agar lebih lengkap usahakan mendapat imunisasi meningitis di tempat pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar